6 Mei 2024
Share

Lensa Merauke – Noken asal Yakai-Mappi, Papua Selatan menambah jumlah koleksi pajangan Galeri Nasinal Indonesia.

Noken tersebut merupakan karya mama-mama kelompok Papamarba yang berada di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Penyerahan berlangsung di Galeri Nasional Indonesia kepada Volunteer Pekan Budaya Nusantara 2023 oleh staff Papua Paradise Center, Rabu (25/10/2023).

Selain Noken, juga diserahkan Sid Wad atau tas dari buah Sid yang biasa digunakan orang-orang tua Malind zaman dahulu untuk mengisi pinang, sirih & kapur.

“Penyerahan Ibah / Noken Yakai – Mappi dan Sid Wad,” ujar Yune Staff Papua Paradise Center melalui pesan WhatsApp.

Sebelum diserahkan, Mujina Kaize Staff Papua Paradise Center terlebih dahulu menyampaikan seputar filosofi noken yang menjadi dasar gerakan MeNoken Anim-ha di Papua Selatan.

Menoken adalah tindakan merajut dan membangun wadah untuk menyambungkan komunitas, produk, pengetahuan, dan solidaritas yang didasarkan sepenuhnya pada filosofi noken yakni kasih kerahiman, rajutan solidaritas, kekuatan dalam kelenturan, pendayagunaan, keterbukaan, memelihara kehidupan.

Kegiatan Menoken merupakan kegiatan bersifat informal, fleksibel, mengutamakan persahabatan, berkumpul, berkemah, memasak dan makan bersama, bertukar cerita dan pengetahuan, menyanyi dan menari dan menikmati seni budaya bersama-sama, menjalin semangat dan solidaritas. ***