8 Juni 2024
Share

LensaMerauke –  Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Papua Selatan, Papua Model United Nations akan menggelar kegiatan Papua Model United Nations (PMUN) Papua Selatan 2023 di Merauke, Ibu Kota Provinsi Papua Selatan.

 

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda, tepatnya pada tanggal 26-28 Oktober 2023.

 

PMUN merupakan kegiatan simulasi sidang Perserikatan Banga-Bangsa (PBB) yang bertujuan untuk mencetak Pemimpin dan Diplomat muda masa depan Indonesia.

 

Merepon kegiatan tersebut, Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menyatakan mendukung penuh kegiatan PMUN Papua Selatan 2023.

 

“Saya senang dan menyambut baik kegiatan ini. Kami siap menyambut kehadiran anak-anak muda Papua Selatan yang akan menjadi pemimpin dan bisa berkontribusi dalam pembangunan Papua Selatan dan Indonesia,” Ujar Pj. Gubernur

 

Apolo juga berharap agar PMUN bisa dimanfaatkan sebagai platform kolaborasi antar pemuda di Papua Selatan.

 

Pada kesempatan yang sama, Secretary General Papua Model United Nations, Mardiantika Watubun, mengatakan pentingnya pemuda dilibatkan dalam pembangunan bangsa.

 

“Saya sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Selatan karena telah merangkul dan memberdayakan para pemuda. Tentunya selaku founder, saya mengharapkan antusiasme dan partisipasi aktif peserta yang nantinya akan bersama-sama memberikan ide dan gagasan terbaik mereka untuk isu lingkungan dan aksesibilitas pendidikan.”

 

Rangkaian kegiatan PMUN dimulai dengan acara pembukaan pada tanggal 26 Oktober di Swiss-Belhotel Merauke. Turut mengundang Staf Ahli Menteri Luar Negeri dan Pejabat di lingkungan Pemprov Papua Selatan.

 

Selanjutnya, pada tanggal 27-28, 200 pemuda pilihan akan melaksanakan konferensi (committee session) dengan topik Pendidikan & Lingkunagan di Aula Rumah Bina Pankat Kelapa V.

 

Pada acara penutupan yang sekaligus bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo akan mengisi talkshow khusus bertemakan “Empowering youth for sustainable future”.

 

“Hadirnya sosok Pj Gubernur pada kegiatan ini akan membuka forum interaktif antara pemuda dengan pemimpinnya. Harapannya, para pemuda bisa secara proaktif dan mengambil peran lebih untuk berkontribusi terhadap komunitas dan daerahnya,” ucap Rinto Andika, Secretary PMUN 2023.