16 April 2024
DNEX pasifik Link
Share

Lensa Merauke – Kantor Merauke menyebut posisi terakhir DNEX PASIFIC LINK yang merupakan kapal perbaikan kabel optik telah memasuki perairan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/01/2024).

Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Merauke, Justino Fernandes menyampaikan bahwa DNEX pasifik Link merupakan kapal perbaikan kabel optik satu-satunya di Indonesia ini, akan langsung berlayar ke titik kerusakan kabel optik ruas Merauke-Timika, setelah tiba di Makassar.

Justino Fernandes menjelaskan, dari Makassar kapal DNEX PACIFIC LINK akan mengangkut beberapa teknisi dan logistik untuk melakukan perbaikan kabel optik, selanjutnya menuju ke area kerusakan kabel optik di 138 km ruas Merauke-Timika dengan kedalaman 42m (segmen laut).

“Terakhir, tadi malam saya lihat di layar data, posisi terakhir sudah mendekati Makassar. Di sana juga perlu logistik, ada juga teknisi yang naik. Di manifestnya, tidak boleh ada yang turun di jalan. Itu regulasi pelayaran,” kata Justino Fernandes.

Dirinya menyebutkan, pemicu atau penyebab kerusakan kabel akan diketahui setelah kabel optik diangmat dan diperbaiki, kemudian proses perbaikan kabel optik di bawah laut juga disampaikan ke masyarakat secara transparan.

“Jadi kapal ini sebenarnya didesain khusus untuk penarikan dan perbaikan. Di dalam kapal, robot yang akan mencari dan menarik kabel. Kemudian dicek berapa luka atau putusnya berapa kali, lalu dipotong ulang dan sambung dengan kabel baru. Kalau di kedalaman rendah bisa pakai penyelam.,”.

Sebagai langkah antisipasi, Telkom menambah backup link penguatan kapasitas jaringan internet sebesar 800 MB dan disebarkan ke sejumlah titik di Merauke yang bisa diakses oleh masyarakat. *Randy*