9 Juni 2024
Share

Lensa Merauke – Bupati Merauke Romanus Mbaraka melakukan inspeksi mendadak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Kamis (01 /12/2022).

Usai melakukan sidak, Bupati Merauke menemukan sejumlah temuan yang harus dibenahi, apalagi Kabupaten Merauke berubah status menjadi ibu kota Provinsi Papua Selatan.

Diantara temuan Bupati Merauke adalah penataan bangunan yang tidak mengikuti aturan tata ruang, selain itu Romanus juga mengatakan bahwa RSUD harus membenahi sistem yang ada.

Menurut Romanus kondisi tersebut sudah terjadi sebelum dirinya menunjuk Direktur RSUD Merauke yang baru, namun dirinya mengatakan akan memberikan perhatian terhadap RSUD Merauke.

” Ini sistim yang harus diperbaiki, ini sebelum dr Mario (Direktur RSUD Merauke) masuk, penataan bangunan disini juga tidak mengikut tata ruang, kalo rumah sakit tidak bisa tumpuk bangunan sembarang, karena rumah sakit itu, harusnya landscaping lebih besar daripada building ” Ujar Bupati Merauke.

Meski sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Kesehatan terkait pembanguna Rumah Sakit Baru sesuai standar provinsi, namun Pemerintah Kabupaten Merauke harus berbenah secara perlahan memperbaiki kondisi yang ada.

” Kita sudah lobby dengan Menteri kesehatan untuk pembangunan Rumah Sakit mash tipe B sesuai standar Provinsi, tapi jangka pendeknya kita harus berbenah, rumah sakitnya secara fisik kita perbaiki, kemudian pelayanannnya lagi, memang tidak bisa serta merta sulap, tapi mau tidak mau langkah berani harus tetap dilakukan” Ujar Romanus.

Selain itu, Romanus juga mengatakan RSUD Merauke harus melakukan penataan kebersihan dan keamanan di rumah sakit.