11 Desember 2023
Proses Pembuatan VCO oleh mama Papua di Onggayya,Merauke, Papua Selatan.
Share

Lensa Merauke – Potensi Kelapa yang melimpah di Kampung Onggaya, Distrik Naukenjerai membuat NGO Papua Paradise Center mendorong produk turunan kelapa berupa Virgin Coconut Oil (VCO) untuk dikembangkan warga setempat sebagai produk usaha.

Lewat mitra MeNoken Anim-Ha, Mama-mama kelompok UMKM Betlehem Onggayya telah mengembangkan dan mulai mengolah VCO.

Direktur Papua Paradise Center Marthen Ayub Luturmasse memberikan perhatian khusus untuk pengembangan dan pelestarian tumbuhan kelapa sebagai komoditi terbaik di bumi AnimHa.

Sejauh ini, selain peningkatan kapasitas kelompok, untuk mendukung pengembangan VCO MeNoken AnimHa dan Papua Paradise Center sementara menjadi tempat distribusi, pengemasan dan pelabelan produk VCO yang dihasilkan.

Marthen Ayub Luturmasse berharap ke depan UMKM Betlehem Onggayya memiliki 1 galeri produk dan budaya yang dapat mengakomodir semua produk-produk UMKM yang dihasilkan baik berupa produk budaya dan cerita-cerita sejarah budaya Malind.

” Semoga kerja sama kami terus terjalin baik dan dapat berdampak bagi kesejahteraan dan perkembangan sumber daya manusia sampai ke kampung-kampung,” ujar Marten Ayub Luturmasse, Sabtu (23/09/2023).