25 Juni 2024
Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Akademik Komunitas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Selatan, Oliva Koneng
Share

Lensa Merauke– Pemerintah Provinsi Papua Selatan menggelar sosialisasi Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) tahun 2023, Sabtu (17/06/2023).

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Akademik Komunitas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Selatan, Oliva Koneng menjelaskan, Program ADIK dan ADEM dengan orang asli Papua menjadi sasarannya, merupakan program pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah Papua.

“Sebelumnya telah dilakukan pemulangan ke Pemerintah Provinsi Papua Selatan terhadap puluhan siswa program ADEM yang telah menempuh pendidikan selama 3 tahun di Yogyakarta. Selanjutnya, saat ini dilakukan sosialisasi untuk ADEM dan ADIK,” terang Oliva Koneng kepada wartawan.

Oliva menyebut, kuota penerima program ADEM sebanyak 12 orang untuk masing-masing kabupaten cakupan Papua Selatan.

“Untuk ADIK juga kuotanya sama, setiap kabupaten 12 orang,” katanya.

Dikatakan, sosialisasi dilakukan untuk memberi penjelasan dan gambaran kepada para siswa yang akan mengikuti ADEM maupun ADIK.

Dengan begitu, sambung Oliva, program pemerintah bekerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat berjalan dengan baik.

“Ada sejumlah sekolah maupun perguruan tinggi negeri di Pulau Jawa dan Bali yang telah di SK kan kementerian,” tukasnya.(Yani)