8 Juni 2024
Share

Lensa Merauke  –  Damasus Kakerok seakan tak pernah lelah dengan perjuangannya dengan sukarela terus menumbuhkan sifat peduli terhadap lingkungan utamnya bagi anak anak usia dini.

Setiap minggu Damasus senantiasa mengabarkan perkembangan terbaru terkait kegiatan mereka di sebuah grup aplikasi whatsapp baik berupa foto maupun klip video vertikal.

Konsistensinya ini terus terjaga hingga saat ini dalam upaya mendorong kepedulian akan kebersiha lingkungan di kota sejarah Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Tak hanya peduli akan sampah saja, Damasus juga mendorong anak usia dini untu peduli akan literasi. Dorongan tersebut  muncul saat melihat aktivitas sekolah alam paradise di Merauke.

Tanpa menunggu, Damasus memulai dengan hal sederhana dengan membuka teras baca di bawah pohon beralaskan terpal.

Program belajarnya membaca dan menulis yang digagas Damasus tidak setiap hari, namun rutun setiap selasa dan kamis. lewat teras bacanya juga damasus juga mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak yang dibinanya.

Baginya hal sederhanya ini penting, karena dorongan terhadap anak-anak khusunya asli Papua untuk literasi sangat minim.

Damanus juga menyebut, pola yang ia terapkan di teras baca anak peduli lingkungan Ambonggo menduplikat sistim belajar Sekolah alam paradise,yakni dengan mendorong anak belajar sambil bermain juga sekaligus menyatu dengan alam.

Perjuangan Damasus maih panjang, ia berharap sejumlah dukungan terus mengalir atas aksi-aksi yang dilakukan untuk membangun masa depan anak Papua di Boven Digoel.