7 Juni 2024
Share

LENSA MERAUKE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan membuka 1000 formasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.
“Dari 1000 formasi tersebut, seluruhnya akan diisi oleh tenaga teknis,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dalam pengumuman resmi yang dilakukan di Merauke, Kamis (28/03).

Pengumuman pembukaan formasi CPNS tersebut dilakukan Apolo didampingi oleh Asisten I Setda Provinsi Papua Selatan Agustinus Joko Guritno, dan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Papua Selatan Alberth Rapami.

Menurut Apolo, jumlah formasi tersebut berdasarkan pada persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, yang dikeluarkan pada tanggal 13 Maret 2024.

Apolo mengatakan dalam penerimaan CPNS ini, persentasi penerimaan untuk orang asli Papua lebih besar dibandingkan formasi untuk non orang asli Papua.

“Delapan puluh persen atau 800 CPNS untuk orang asli Papua dan 20 persen atau 200 orang untuk formasi umum atau non oap,” jelasnya.

Pihaknya, kata dia, juga telah meluncurkan link survei kerja di provinsi tersebut, untuk mengetahui animo masyarakat khususnya para pencari kerja di Papua Selatan.
“Dalam waktu dua jam sejak peluncurannya, survei tersebut telah mengumpulkan data dari hampir 300 orang,” imbuhnya.

Selain Pemprov Papua Selatan, alokasi CPNS juga diberikan kepada Kabupaten Mappi dengan 2.787 formasi ASN, yang terdiri atas150 CPNS dan 2.637 P3K.