24 April 2024
Kepala Kelurahan  Karang Indah, Willibrodus Duran berang dengan oknum yang terus membuang sampah di sepanjang Jalan Ternate  Kelurahan Karang Indah, Merauke Papua Selatan.
Share

Lensa Merauke  – Kepala Kelurahan  Karang Indah, Willibrodus Duran berang dengan oknum yang terus membuang sampah di sepanjang Jalan Ternate  Kelurahan Karang Indah, Merauke Papua Selatan.

Padahal pihaknya telah 3 kali membersihkan lokasi tersebut sejak dirinya dilantik menjadi Kepala kelurahan Karang Indah.

“Sejak dilantik saya sudah 3 kali bersihkan lokasi itu, tapi terus juga ada yang buang sampah disitu,” kata Lurah Karang Indah.

Sebagai upaya mencegah tindakan buang sampah sembarangan, dirinya membuat sayembara berhadiah uang tunai senilai RP. 500 Ribu bagi siapa saja yang menangkap oknum yang membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan Ternate.

“Siapa saja yang menangkap dan bawa kepada kami saya berikan unag tunai 500 ribu,” ucap Duran melalui sambungan telepon kepada Lensa Merauke.

Sayembara tersebut, kata Lurah karang indah, berlaku mulai Januari hingga Maret 2023 mendatang.

Terkait kebersihan lingkungan, Willibrodus Duran juga mengaku telah mewajibkan selurah warganya untuk berlangganan sampah yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke.

Sehingga, Dirinya berharap warganya tiak lagi membuang sampah sembarangan.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Dominikus Catir Risal Budiasantoso beberapa waktu lalu menyebut jumlah warga Merauke yang berlangganan sampah masih minim.

“Pelanggan yang berlangganan sampah itu belum maksimal,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke.

Menurut Dominikus, rata rata perkelurahan di Merauke baru 30 persen warga yang berlangganan sampah.(*)