10 Juni 2024
Karantina Pertanian Merauke ts  melakukan pemusnahan sebanyak 12 ton daging ayam beku yang  membusuk di Tempat Pembuangan Akhir Bokem.
Share

Lensa Merauke – Karantina Pertanian Merauke terpaksa harus  melakukan pemusnahan sebanyak 12 ton daging ayam beku yang  membusuk di Tempat Pembuangan Akhir Bokem, Merauke pada Sabtu siang (26/11/2022).

Kepala Karantina Pertanian Merauke, Cahyono mengatakan bahwa pemusnahkan tersebut dilakukan setelah petugas Karantina di wilayah kerja Pelabuhan Laut Merauke melakukan pengawasan bongkar muatan ayam beku.

Saat pemeriksaan, petugas karantima mengirup aroma busuk dari daging ayam yang dikrim dari luar Merauke tersebut, dan diketahui penyebab membusuknya belasan ton  ayam tersebut akibat kerusakan pada mesin pendingin kontainer.

“Setiap kegiatan bongkar muatan komoditas pertanian, petugas Karantina lakukan pengawasan untuk memastikan kesehatan dan kebenaran fisik media pembawa” ungkap Cahyono.

“Saat itu tercium bau yang tidak sedap dan daging mengalami kerusakan. Hal tersebut disebabkan karena kerusakan di mesin pendingin atau refrigerator” tambahnya.

Cahyono menambahkan saat pengawasan ayam beku, petugas didampingi oleh pihak ekspedisi melihat fisik.

Sementara pemusnahan terpaksa harus dilakukan untuk menjamin keamanan pangan masyarakat Merauke.