26 Juni 2024
ABK sebanyak 6 orang Dalam kondisi selamat.
Share

Lensa Merauke  – Kapolsek Okaba Ipda Muh Syamsuri Bakri  menerima laporan laka laut tenggelamnya kapal Terang Jaya Abadi sekitar 4 mil dari daerah Kumbe Distrik Malind Merauke, Propinsi Papua selatan Senin,(21/8/2023).

Tenggelamnya Kapal Terang Jaya Abadi dilaporkan pada hari Minggu 20 Agustus 2023 sekitar jam 17.10 ke Polsek Okaba oleh   Masriadi (58 ) yang merupakan kapten KM. Terang Jaya Abadi.

Dari hasil pemeriksaan awal dilaporkan bahwa, pada hari minggu, 20 Agustus 2023, sekitar Pukul 01.00 Wit, kapal tersebut  bertolak dari pelabuhan Merauke menuju Distrik Pantai Kasuari Kabupaten Asmat.

Di perjalanan kapal bermuatan beras Bantuan BPNT dengan jumlah 82 Ton tersebu  mengalami musibah Laka Laut (tenggelam).

Dalam perjalanan sekitar pukul 03.00 wit situasi cuaca di laut terjadi ombak besar dan air masuk ke dalam kapal, pada saat ABK akan menguras air dari dalam kapal,  mesin pompa air  mengalami  kerusakan sehingga tidak dapat menyedot air.

Karena beban air mengakibatkan kapal tenggelam. Beruntung para ABK menggunakan 2 buah rakit untuk mengapung di atas air, dan beberapa saat jemudian terlihat KM Farhan 24 dengan tujuan Okaba, lalu melakukan pertolongan terhadap ABK. Dan anak buah sebanyak 6 orang Dalam kondisi selamat.

Korban jiwa Nihil namun kerugian materil berupa kapal dan muatan beras bantuan Pemerintah sekitar 82 Ton, para ABK akan dijemput oleh pemilik kapal melalui darat di kali Bian ke rumah pemilik kapal atas nama bapak Soleh yang beralamat diJalan Bakti Merauke.**RLS**