14 April 2024
Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Merauke melakukan pemeriksaan inti kelapa sawit / palm kernel yang akan berangkat ke Bontang, Kalimantan Timur.
Share

Lensa Merauke – Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Merauke melakukan pemeriksaan inti kelapa sawit / palm kernel yang akan berangkat ke Bontang, Kalimantan Timur.

“Betul, ada permohonan 2150 ton. Petugas sudah berangkat ke Asikie, Boven Digoel memeriksa kernel digudang dan mengawasi saat pemuatan di kapal” ungkap Abdul Rasyid, selaku Koordinator Fungsional Karantina Tumbuhan dalam keterangannya.

Pemeriksaan yang dilakukan Karantina Pertanian untuk memastikan media pembawa aman dan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

“Setelah diamati, tidak ditemukan adanya gejala OPTK. Inti kelapa sawit diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT-12) dan dapat berlayar ke Bontang menggunakan KM. AK” ungkap Harry Soloman, seusai melakukan pemeriksaan.

Kepala Karantina Pertanian Merauke Cahyono mengatakan setiap komoditas pertanian maupun produk turunannya yang ingin dilalulintaskan harus dilengkapi dengan Sertifikat yang diterbitkan Karantina Pertanian.

“Karena sebelum dikirim diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Karantina dilapangan. Agar tidak ada HPHK dan OPTK yang tersebar” tambah Cahyono disela-sela aktifitasnya.