20 April 2024
Kasat Binmas Polres Merauke Akp Makruf Soeroto, bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Indah Bripka Feri yarona menghadiri panen cabe bersama komunitas cap panah merah bertempat di kebun petani di spadem Merauke, Propinsi Papua Selatan. Jumat (27/1/2023).
Share

Lensa  Merauke – Kasat Binmas Polres Merauke Akp Makruf Soeroto, bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Indah Bripka Feri yarona menghadiri panen cabe bersama komunitas cap panah merah bertempat di kebun petani di spadem Merauke, Propinsi Papua Selatan. Jumat (27/1/2023).

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 wit bertempat di kebun percontohan dan pelatihan pertanian Spadem, mengikuti dan menghadiri panen panen perdana komuditi berupa Cabai besar merk Saber ( cap panah merah ) dan Tomat merek Servo (cap panah merah)

kegiatan diawali dengan doa bersama serta arahan dari kepada Dinas tanaman pangan serta sambutan dari Kasat Binmas Polres Merauke kemudian dilanjutkan dengan panen.

Pelaksanaan panen cabai Saber dalam usia 75 hari HST dan tomat berusia 67 hari HST dengan lahan tersebut di sewa oleh bapak Suparto serta di tunjuk dari Dinas pengajaran sebagai tempat percontohan dalam budidaya sayur dan buah.

“Dalam sambutannya Kasat Binmas mengatakan kita dari Satuan Binmas Polres Merauke sangat mendukung program di bidang pertanian, dan jumat curhat guna mendekatkan diri terhadap para petani yang ada di Merauke,” ungkapnya Akp Maruf

“Saya harapkan kepada para Bhabinkamtibmas agar langsung terjun ke para petani, karena ini sangat efektif, dengan pendampingan dan pembinaan, serta lebih untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan serta dapat memantau langsung hasil pertanian di pasar,” kata satu diantara petani.

Dari curhatan para petani sangat mengeluhkan soal pupuk dan bibit tanaman yang mahal serta pemasaran hasil tanaman yang nilai jualnya sangat rendah tidak sesuai dengan proses penanaman.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas tanaman pangan hortikultura dan kehutanan Josefa Louise Rumaseuw, S.Hut, Para Kabid, Guru SMK pertanian Tanah Miring, 5 (lima) orang siswa/i magang, dan PPL Spadem.