17 April 2024
Penyerahan Alsintan dilakukan oleh Sulaiman Hamzah  bersama Pemda Merauke di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Hortikultura, Rabu, (21/12/2022).
Share

Lensa Merauke  – Rumah Aspirasi  Sulaiman Hamzah secara seremonial  menyerahkan 146 Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani di Merauke, Papua Selatan.

Penyerahan Alsintan dilakukan oleh Sulaiman Hamzah  bersama Pemda Merauke di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Hortikultura, Rabu, (21/12/2022).

Total 146 unit alsintan diserahkan berdasarkan aspirasi yang diajukan oleh kelompok tani melalui Rumah Aspirasi Sulaiman Hamzah.

Selain itu, aspirasi juga diterima saat Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Partai NAsDem tersebut turun melakukan reses di daerah pemilihannya (Dapil).

Bantuan Alsintan tersebut diserahkan kepada kelompok tani di  60 kampung dari 6 Distrik di Kabupaten Merauke antaranya, traktor roda 4, traktor roda 2, mesin pompa air, alat penyemprot, dan mesin panen.

“Ada 146 unit yang akan diserahkan pada hari ini,” kata Sulaiman Hamzah.

Direktur Rumah Aspirasi Sulaiman Hamzah Fauzun Nihayah berpesan agar  bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang diserahkan tersebut agar dikelola dan dipergunakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Setaip pertemuan kami selalu ingatkan, alsintan bantuan tidak bisa digunakan secara pribadi,” kata Fauzun.

Turut hadir dalam penyerahan alsintan, Wakil Bupati Merauke, mengapresiasi anggota DPR-RI Sulaiman Hamzah karena konsisten bersentuhan langsung dengan petani untuk mendukung perkembangan pertanian khususnya di Kabupaten Merauke.

“Ini sungguh luar biasa, karena tidak semua anggota DPR-RI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan konsisten,” ucap H. Riduan.

Apalagi, Merauke dicanangkan menjadi salah satu lokasi lumbung pangan nasional

Sementara salah seorang anggota kelompok tani, Yayu Sri Sedono dari Kampung Makati Distrik Jagebob yang menerima bantuan mesin perontok padi mengatakan bantuan yang diberikan cukup membantu petani saat panen padi dilakukan.

Apalagi, kata Yayu, saat ini mesin perontok padi yang ada di Kampung Makati sudah rusak.

” Kita bersyukur, mesin ini sangat membantu petani saat panen, apalagi sekarang mesin yang ada sudah rusak,” tutur Yayu.

Sementara, usai seremonial penyerahan bantuan, para kelompok tani penerima bantuan melakukan pendataan dan pemberkasan serah terima alsintan di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Hortikultura.(*)