14 April 2024
Share

Lensa Merauke – Balapan kuda tradisional yang digelar Komunitas kuda pacu Merauke Berlangsung seru di lapangan pacu kuda Taman Pinang, Kampung Sidomulyo Distrik Semangga, Merauke, Minggu (12/06/2022).

Sebanyak 43 peserta mengambil bagian dalam lomba balapan kuda tradisional kali ini, yang dibagi dalam dua kategori yakni kategori kuda junior sebanyak 22 ekor kuda dan kategori kuda senior sebanyak 21 ekor kuda.

Duel seru terjadi antara kuda prabu dan kuda charles junior pada putaran final kategori kuda senior yang dimenangkan oleh prabu secara dramatis.

Tak hanya duel seru kategori kuda senior, aksi memukau para joki cilik juga terlihat pada balapan kuda kategori junior.

Ketua Komunitas Kuda Pacu Merauke, Irianto Ramlan mengatakan meski peserta pada kegiatan lomba balap kuda tradisional kali ini lebih sedikit dibanding lomba sebelumnya, namun tidak mengurangi rasa silaturahmi antar pecinta kuda balap Merauke.

Selain itu, ajang ini digelar setiap tahunnya untuk menjaga tradisi nenek moyang yang sejak dulu menggunakan kuda sebagai alat bantu berburu, alat transportasi juga untuk lomba pacuan kuda sebagai olahraga dan hiburan.

Menurut Irianto, awalnya pacuan kuda ini digelar pada jalur lurus dengan kondisi tanah berpasir, namun kerena kondisi jalan sudah tidak memadai lagi sehingga dibuat arena khusus balapan kuda di kampung Sidomulyo.

“kalau dulu sebelum ada pengaspalan, orang tua kita dulu adalan pacuan kuda larinya lurus, sampai sekitar 1 kilometer atau 1,5 kilometer” ujar Irianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *