26 Juni 2024
Babinsa Koramil 1707-20/Suator Kodim 1707/Merauke memanfaatkan sebagai lahan kebun dengan secara bersama-sama mengolah lahan tersebut ditanami berbagai macam sayuran untuk menjalankan salah satu program ketahanan pangan.
Share

Lensa Merauke –  Babinsa Koramil 1707-20/Suator Kodim 1707/Merauke memanfaatkan sebagai lahan kebun dengan secara bersama-sama mengolah lahan tersebut ditanami berbagai macam sayuran untuk menjalankan salah satu program ketahanan pangan.

Danramil 1707-20/Suator Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Teguh Heru Ponco mengatakan bahwa pemberdayaan lahan tidur di pekarangan Koramil Suator dengan dimanfaatkan sebagai kebun merupakan salah satu upaya dalam menjalankan program ketahanan pangan dan memberikan contoh kepada masyarakat yang berada disekitar Koramil.

“Lahan seluas 10 X 20 meter yang berada di pekarangan Koramil Suator tersebut setelah dikelola dengan baik ternyata berbagai tanaman sayuran seperti kacang panjang, bayam, tomat, lombok, ketimun dan pare dapat tumbuh dengan baik”. ungkap Kapten Inf Heru pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023.

“Namun untuk tanaman jangka panjang yang masa panennya diatas 5 bulan tidak bisa ditanam di wilayah Koramil Suator mengingat pada saat musim penghujan tiba wilayah Koramil Suator mayoritas tanah terendam air yang mengakibatkan tanaman mati”. jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Serka Piter Awak menyampaikan bahwa masih banyaknya pekarangan rumah masyarakat yang masih kosong padahal kalau dikelola dengan baik bisa menghasilkan berbagai macam tanaman sayuran untuk menambah kebutuhan sehari-hari.

“Kebun Koramil Suator yang kita kelola saat ini sudah membuahkan hasil berbagai macam sayuran, untuk kedepannya selain menjalankan program ketahanan pangan di wilayah juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bercocok tanam sebagai sehingga bisa mengurangi biaya pengeluaran dalam kebutuhan hidup”. kata Babinsa Serka Piter Awak.