29 Maret 2024
Dosen Prodi Agribisnis Universitas Musamus Riza Fachrizal memberikan arahan dalam pelatihan Pembuatan Media Tanam di Kampung Kuprik.
Share

Lensa Merauke  – Tim Dosen Universitas Musamus melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyasar masyarakat Kampung Kuprik, Distrik Kurik  sebagai target. Kampung Kuprik dipilih sebagai lokasi tempat pelaksanaan kegiatan pengabdian ini karena kampung ini memiliki potensi limbah pertanian baik limbah tanaman maupun kotoran hewan yang cukup besar.

“Limbah tanaman seperti sekam padi dan kotoran hewan ini merupakan bahan baku pupuk organik yang digunakan sebagai campuran media tanam,” jelas Ketua Tim Pengabdian Riza Fachrizal yang ditemui di sela pelaksanaan kegiatan tersebut, Sabtu (22/10/2022).

Riza mengatakan dalam pelatihan ini, para peserta tidak hanya dilatih bagaimana membuat pupuk organik, tetapi bagaimana membuat media tanam komplit siap pakai.

“Kalau selama ini masyarakat mungkin sudah punya sedikit pengetahuan cara membuat pupuk organik, di sini hal itu ditingkatkan lagi, misalnya bagaimana mengkombinasikan pupuk organik dengan sekam bakar, atau top soil untuk menghasilkan media tanam siap pakai,” tuturnya.

Media tanam siap pakai ini, tambah Riza, tidak hanya dapat mereka gunakan sendiri tetapi juga dapat dikembangkan dengan mengemas dan menjual media tersebut.

Selama ini sebagia besar media tanam didatangkan dari luar Merauke dengan harga yang cukup tinggi, jika dapat diproduksi sendiri di Merauke, media tanam tersebut dapat menjadi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau.

“Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan,” ucapnya.

Sementara salah seorang peserta pelatihan Agus menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini memberi pengetahuan baru bagi kami, dan ke depan dapat kami kembangkan untuk memproduksi media tanam siap pakai sendiri,” kata Agus.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Dosen Unmus ini dibiayai oleh DIPA Internal Universitas Musamus Tahun 2022 melalui skim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM).