8 Juni 2024
Hendrikus Mahuse dengan Tagline "Kita Kerja"
Share

 

LENSAMERAUKE -Nama Hendrikus Mahuse bukanlah sebuah nama asing di dunia perpolitikan di Merauke, Papua Selatan.

Menjadi salah satu kandidat di pilkada 2019 lalu, berperan mengangkat popularitas Hendrikus Mahuse meski harus puas di posisi ke dua raihan suara terbanyak setelah pasangan bupati terpilih saat itu.

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil bupati, dijadwalkan bakal berlangsung pada tanggal 27 November 2024 nanti,  nama bakal calon kepala daerah tingkat kabupaten Merauke mulai bermunculan, salah satu diantaranya adalah Hendrikus Mahuse (HMZ).

Hendrikus Mahuse yang mrupakan seorang putra daerah lahir di kampung Kumbe pada tanggal 8 Desember 1978 lalu.

Hendrikus menggenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) di YPPK St.Theresia Kumbe tahun 1992 kemudian melanjutkan  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kumbe pada tahun 1995.

Usai menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama, putra berdarah suku Marind itu melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada SMA Negeri 1 Merauke dan dinyatakan lulus pada tahun 1998.

Di tahun 2003, Hendrikus berhasil menyelesaikan pendidikan S1 Sosial di STIA Karya Dharma Merauke dan S2 pada UNHAS Makassar tahun 2012.

Ayah dari 2 anak itu, mulai bergabung ke dunia pemerintahan tahun 2010 di kantor Bappeda Merauke dan menduduki jabatan Kasubbid Pelaporan dan statistik bidang pengembangan wilayah.

Di tahun yang sama, lelaki yang biasa disapa Hengki oleh keluarganya itu, dipercayakan untuk menjabat Kasubbag anggaran pada bagian keuangan Setda kabupaten Merauke.

Empat tahun setelahnya, penganut agam Katolik itu, diberikan jabatan sebagai kepala bidang anggaran pada badan pengelola keuangan dan aset daerah.

Berkat Dedikasiny, pada tahun 2016, ia mendapat penghargaan Satyalancana Karya Satya, dan pada tahun 2017 menduduki jabatan kepala Distrik Naukenjerai, Merauke.

Sempat menjabat sebagai ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Merauke dan bendahara pada Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Merauke, anak bungsu dari 9 bersaudara itu, mendapat jabatan senagai kepala bidang Industri, Migas dan panas bumi pada Dinas perindustrian dan perdagangan tahun 2018.

Sebelum menyatakan sikap untuk maju pada pemilihan bupati tahun 2020, Hendrikus Mahuse menjabat sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke tahun 2019.

Kini, bakal calon terkuat di Merauke, Hendrikus Mahuse, dipercayakan sebagai nahkoda pada DPW Partai Perindo Provinsi Papua Selatan.

Dengan Tag Line KITA KERJA!! dan Tim utamanya yang diberi nama Sobat HMZ, Hendrikus Mahuse menyatakan sikap untuk maju kembali sebagai kontestan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Merauke periode 2024-2029.

Dari informasi yang beredar, Henderikus merupakan seorang bakal calon terkuat yang digadang-gadang bakal meramaikan perhelatan Pilkada Bupati Merauke  pada  27 November nanti (*)